Selasa, 13 Februari 2018

JAKSA MASUK SEKOLAH





Kebumen, 08 Februari 2018 tepatnya di MAN 1 Kebumen berlangsung kegiatan Penyuluhan dan Penerangan Hukum dari Kejaksaan Negeri Kebumen. Program ini bertujuan untuk mengenalkan produk hukum serta UU dan juga agar para siswa melek hukum, ujar Pak Trimo salah satu petugas Penyuluhan dan Penerangan Hukum dari Kejaksaan Negeri Kebumen. Kegiatan ini merupakan program pemerintah yang bertujuan agar para siswa melek terhadap hukum. Program ini dilaksanakan berdasarkan pasal 30 ayat (3) huruf a Undang-undang No 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia dan Peraturan Jaksa Agung RI No.024/AIJA/08/2014 tentang Administrasi Intelejen Kejaksaan RI. Adapun pelaku pelaksana program yaitu para jaksa fungsional, pakar psikolog dan pemuka masyarakat.



Para petugas Kejaksaan Negeri Kebumen yang berjumlah empat (4) orang menjelaskan tentang hukum, disamping itu juga melakukan fungsi preventif yakni mencegah terjadinya kejahatan dengan cara penerangan hukum. Para petugas kejaksaan juga menjelaskan tentang bahayanya pacaran yang berlenihan, dan hal tersebut bisa dikenai hukuman. Lebih tegas kembali petugas kejaksaan menjelaskan tentang LGBT yang bahayanya luar biasa dan sudah mulai mendarah daging pada warga Indonesia.




Kepala MAN 1 Kebumen, H. Mahmudin, S.Pd.,M.Ag. sangat mengapresiasi adanya program Jaksa Masuk Sekolah (JMS), beliau berharap para peserta didik MAN 1 Kebumen dapat memahami dan mematuhi hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia. Antusiasme dan apresiasi siswa terhadap program Jaksa Masuk Sekolah terlihat dengan adanya beberapa pertanyaan yang dilontarkan untuk petugas Kejaksaan. Pak Trimo selaku petugas dari kejaksaan memberikan apresiasi dalam kegiatan ini, ”Berbeda dengan sekolah/madrasah lain, di MAN 1 Kebumen tidak hanya siswa yang berapresiasi dan memberikan pertanyaan yang begitu luar biasa, namun para gurupun ikut bertanya kepada petugas kejaksaan”




Pemahaman hukum sejak dini diharapkan akan membantu proses pembentukan karakter anak bangsa yang berbasis hukum (memahami dan menaati hukum) serta bisa diharapkan menjadi pemimpin-pemimpin yang beramanah kelak di masa depan demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa dan negara Republik Indonesia.

Laela Fitriyatul Khoeriyah & IT Mansa

@osmansa.official

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENDAMPINGAN BAHASA JEPANG BERSAMA YUMI MIYAZAWA

Sabtu ,  10 Febuari 2018 peserta didik kelas X, XI, dan XII program peminatan Bahasa dan Budaya MAN Kebumen 1 berkumpul di Perpus...